NetBeans Koneksi Database Java ke MySQL

Baru sehari lalu, ujian akhir mata kuliah pemrograman berorientasi objek (Java) saya lalui. Walaupun ada sedikit error yang dihasilkan saat ujian praktek berlangsung, dalam hati saya tetap bersyukur karena 80% program berhasil saya selesaikan saat ujian. Setidaknya tampilan form dan koneksi database berjalan dengan sukses. Hehehe…

Berikut adalah tampilan program yang saya buat ulang dirumah sepulangnya dari ujian akhir. Awalnya program tersebut tetap error seperti yang saya hasilkan saat ujian berlangsung. Namun berkat bantuan teman saya Octo atau yang lebih sering saya sapa Octopus, akhirnya error dapat diperbaiki. (thanks buat waktu yang diluangkan dan ilmu yang dibagi) ….

tampilan program

Buat siapapun yang membutuhkan, kode program dapat di download disini. Untuk databasenya menggunakan database MySql di localhost dengan menggunakan WAMP Server. Tinggal import langsung dari phpMyAdmin,  jalankan NetBeans dan open project untuk melihat kode javanya. (MySql username: root, password: dikosongkan)

Semoga berguna🙂

8 Tanggapan to “NetBeans Koneksi Database Java ke MySQL”

  1. Edi Psw Says:

    Dapat nilai berapa ujiannya?
    hehehe….

  2. poenx Says:

    wah makasih mazz tutorial

  3. Seno HW Says:

    Bung Khiang, saya butuh bantuan anda nih.
    Saya sedang mengerjakan latian Netbeans connect to MySQL yang kurang lebih mirip seperti program anda.
    Tapi saya mengalamin kendala ketika mengkoneksikan ke database MySQL, comment yang kluar adalah
    “Data truncated for coloumn ‘Nama’ at row 1”
    mohon bantuannya atau hubungi saya di email saya Bung Khiang,
    ini email saya senohadiwibowo@yahoo.com
    filenya bisa disedot disini
    http://www.mediafire.com/?5xhdq8g5ht6mp0n
    thanks before and I hope u can do me a favor.

  4. bracuk Says:

    java…. bahasa yang paling q benci

  5. Nadus Says:

    thanks…
    mohon bantuan…
    ada contoh aplikasi pendistribusian barang pake netbeens gak??

  6. yuz Says:

    mohon bantuan
    punyaku masih ada error tulusannya kaya gini:

    java.lang.UnsupportedClassVersionError: Bad version number in .class file
    at java.lang.ClassLoader.defineClass1(Native Method)
    at java.lang.ClassLoader.defineClass(ClassLoader.java:620)
    at java.security.SecureClassLoader.defineClass(SecureClassLoader.java:124)
    at java.net.URLClassLoader.defineClass(URLClassLoader.java:260)
    at java.net.URLClassLoader.access$100(URLClassLoader.java:56)
    at java.net.URLClassLoader$1.run(URLClassLoader.java:195)
    at java.security.AccessController.doPrivileged(Native Method)
    at java.net.URLClassLoader.findClass(URLClassLoader.java:188)
    at java.lang.ClassLoader.loadClass(ClassLoader.java:306)
    at sun.misc.Launcher$AppClassLoader.loadClass(Launcher.java:268)
    at java.lang.ClassLoader.loadClass(ClassLoader.java:251)
    at java.lang.ClassLoader.loadClassInternal(ClassLoader.java:319)
    Exception in thread “main” Java Result: 1

  7. Iman Himawan Says:

    thanks tutorialnya dan sangat membantu.😀

  8. Arfan Says:

    trims mas…tutrialnya..oh ya utk tabel master barangnya bisa dibantu ngak..lagi persiapan ujian juga nih..kalo ada tolong ke email di arfannovendi@gmail.com

Tinggalkan Balasan

