Sudut Istimewa Trigonometri

Berhubungan dengan  ujian akhir Kalkulus. Artikel hasil copy paste dari internet berikut ini gw posting, karena terbukti cukup ampuh untuk menghapal nilai sudut istimewa trigonometri…

——————————————————————————————

Tangan kiri untuk membantu menghafal sudut istimewa. Cara menggunakannya, perhatikan nilai pada pergelangan tangan (itu patokannya)  1/2 akar (n) dan perhatikan nilai sudut untuk x = 0, 30, 45, 60 dan 90 yang ditulis pada kuku, dimulai dari kuku jari kelingking (x=0) diibaratkan nol nilai yg kecil makanya ditulis di kelingking dan seterusnya hingga (x=90) ditulis pada kuku ibujari yg diibaratkan nilai paling besar.

Nilai n yang dipakai untuk sin x (berwarna hijau) dimulai n = 4 pada ibujari terus hingga n = 0 pada kelingking, jadi penggunaanya, sbb :

n= 4 —-> sin 90 = 1/2.akar(4) = 1/2.(2) = 1
n= 3 —-> sin 60 = 1/2.akar(3)
n = 2 —->sin 45 = 1/2.akar(2)
n = 1—-> sin 30 = 1/2.akar(1) =1/2
n = 0 —->sin 0 = 1/2.akar(0) = 0

Nilai n yang dipakai untuk cos x (berwarna merah) dimulai n = 0 pada ibujari hingga n = 4 pada kelingking, untuk penggunaanya bisa anda cobakan sendiri, sehingga nantinya kita bisa menyimpulkan sebagai berikut :

INGAT : untuk mendapatkan nilai tangen (tan) cukup kita bagi nilai sin dengan cos karena kita tau bahwa , tan x = sin x/ cos x

——————————————————————————————

sumber: internet

Tag: , , , , ,

2 Tanggapan to “Sudut Istimewa Trigonometri”

  1. Fuad Says:

    bagus shh, tp utk sudut yang bkan istimewa gmana

  2. Twikkel ( mampir Ya ) Says:

    gak ada ketemu di soal tentang trigonometri.,.,.,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: